Cara Mencari Kebocoran Pada AC

Mencari Kebocoran pada sistem AC biasanya dilakukan setelah proses memvakum sistem. Kebocoran sistem dapat terdeteksi apabila setelah selesai memvakum sistem AC, Terjadi kenaikan tekanan pada charging manifold.
Baca juga artikel ini : Ciri Kerusakan Pada AC dan Cara Memperbaiki

Cara mencari kebocoran pada AC, Umumnya di tandai dengan adanya bekas oli pada bagian titik yang bocor. Bagian yang paling sering bocor adalah pada sambungan antara indoor dan outdoor (double neple) jika kurang kencang menyambungnya bagian ini rawan sekali terjadi kebocoran. cara memperbaikinya dengan mengencangkan nya kembali dan bila perlu di flaring ulang karena bisa saja flaring pipa nya sudah retak/pecah.

Bagaimana jika kebocoran terjadi pada evaporator indoor atau outdoor?? Indoor AC sering bocor pada bagian “U band” yaitu lekukan pipa yang menghubungkan pipa pipa pada evaporator, pada beberapa produk ac terkini bagian U band tsb sudah di lapisi dengan cat anti karat.

Cara Mencari Kebocoran Pada AC dititik kebocoran pada U band ini yaitu:
1. Siapkan ember besar untuk merendam evaporator
2. Lepaskan cover AC dan angkat evaporator indoor
3. Pasang neple buntu pada pipa besar.
4. Pasang Manifold dan isikan freon melalui pipa kecil.
5. Rendam evaporator ke dalam bak besar
6. Gelembung udara akan keluar dari evaporator
7. Tambal dengan Las tembaga pada bagian yang bocor.

Setelah di tambal dengan las tembaga pada bagian yang bocor itu sebaiknya di Recheck kembali dengan di isi freon sampai penuh dan perhatikan jarum manifold apakah jarum bergerak turun atau tetap, jika jarum tetap tidak bergerak setelah beberapa jam berarti sudah tidak ada kebocoran pada evaporatornya.

Itulah informasi tentang Cara Mencari Kebocoran Pada AC, Selamat mencoba dan bermanfaat ^_^