Cara Memperbaiki AC Mati Total

Barang elektronik seperti Air Conditioner (AC) ini tak luput dari kerusakan , sering kali pemakaian yang terus-menerus menyebabkan performa AC semakin melemah. Yaahh walaupun dilakukan perawatan sacara rutin tetap saja tak luput dari yang namanya kerusakan. Mungkin beberapa Cara Memperbaiki AC Mati Total ini dapat membantu anda, berikut penjelasannya..

Anda tidak perlu khawatir bila tiba-tiba ac anda mati total, Pastikan anda mencari dulu kerusakan yang telah mengakibatkan ac milik anda mati total. Karena biasanya pengguna ac yang mengalami keadaan seperti ini salah satunya mencari jalan keluar dengan service ac atau membeli yang baru..

Kerusakan semacam ini ada 2 penyebab jalur instalasi listrik tidak masuk ke perangkan sistem AC dan adanya kerusakan pada modul elektronik, cara penanganannya adalah sebagai berikut :

1. Listrik tidak masuk pada jalur instalasi listrik
Pada kasus kerusakan seperti ini , hal pertama yang di lakukan adalah mengecek kabel sumber yang masuk ke AC, bisa di cek dengan tesepent, pastikan dulu kalau listrik ada pada sumber tegangan , bila sumber tegangan tidak ada urut kabel dar jalur instalasi induk samapai ke sistem pendingin , pastikan dalam menggunakan kabel inti penghantar berkawat tunggal , karna AC merupakan perangkat elektrik yang berdaya besar, berkisar antara 400 wat ke atas , jika menggunakan kabel berkawat srabut takutnya jika lembab terjadi panas dan kabel menjadi rapuh , juga bisa berbahaya bagi lingkungan efek terparah bisa terjadi kebakaran karna arus hubung singkat.

2. Modul elektronik terjadi kerusakan
Kerusakan yang bisa terjadi senlanjutnya adalah pada rangkaian modul elektronik, pada bagian ini terdapat berbagai macam komponen elektronik seperti resistor kapasitor dioda transistor trafo ic dll, dalam memperbaiki modul elektronik harus mempunyai kemampuan elektrik arus lemah , bagi yang baru mengerti mungkin sedikit kesusahan mencari kerusakan komponen , sebaiknya pelajari terlebih dahulu dasar elektronik. tapi bagi yang sudah mungkin dah paham tinggal menganalisa sistemnya, berikut langkah kerjanya :

  • Pada kasus kerusakan pada modul elektronik, biasanya di tandai dengan kode eror misalnya, Err, PO, P1 dll kode ini di tunjukan pada layar display modul elektronik, tapi tidak semua AC memiliki modul yang di lengkapi layar display, untuk AC yang tidak di lengkapi layar display, bisa memperatikan nyala lampu indikator pada bagian indor, menyala normal atau tidak , jika lampu indikator menyala berkedip berati terjadi eror pada modul elektronik, hal yang harus dilakukan adalah bisa meriset modul dengan cara memutuskan aliran listrik ke modul, jangan langsung di nyalakan tapi tunggu beberapa menit , kurang lebih 5 menit, kemudian nyalakan lagi , bila komponen tidak ada mengalami kerusakan modul akan bekerja secara normal kembali.
  • bila lampu tidak menyala sama sekali , kerusakan ini bisa terjadi pada blok rangkaian power suplay, power suplay pada AC menggunakan sistem switching , terlebih dahulu cek fuse , kalau udah terputus berati ada beban lebih cek dioda dan mosfet, kemungkinan short, tapi jika masih kondisi terhubung biasanya elco dan resistor, ini berdasarkan pengalaman , cek secara keseluruhan hal ini tidak menutup kemungkinan kerusakan pada komponen itu saja, periksa dengan teliti.
  • Kasus mati total bisa terjadi pada ic mikrokontrol, kalau ini terjadi bisa di ganti dengan kanibal mesin AC yang sudah tidak di pakai dan masih di gunakan, atau bisa membeli di toko spertpart, untuk memastikankalau ic mikrokontrol rusak , bisa di cek dari tegangan sumber , kalau sumber tegangan masuk tapi ic tdak bisa memproses, berati ic rusak, terkadang juga short circuit, kalau shrtcircuit ic mikrokontrol ataupun regulator suhunya akan naik

Demikian informasi mengenai Cara Memperbaiki AC Mati Total semoga bermanfaat ^_^ Apabila informasi ini menurut anda bermanfaat, Silahkan anda share ke media sosial. Terima Kasih…