Tips Mengganti Compressor Pada AC

Tips Mengganti Compressor Pada AC ini membutuhkan sebuah alat pengelasan yaitu tabung camping gas dan tabung oxigen. Jika anda belum mempunyai tabung oxigen, Bisa menggunakan blender dengan bahan bakar H-cook sebagai alat pengelasan.

Alat lainnya yang perlu anda siapkan seperti :

  • Alat las
  • Kunci ring 12/13mm
  • Obeng +/-
  • Analizer
  • Alat vacum
  • Freon
  • Kawat las perak
  • Siapkan Compressor sesuai yang akan diganti.

Kompressor ini merupakan bagian penting pada AC, Apabila compressor mati maka AC tidak akan berfungsi mendinginkan ruangan. Untuk itu kita perlu menyiapkan semuanya tanpa pengurangan alat sedikitpun.
Baca juga : Keuntungan Menggunakan AC Portable

Berikut ini cara mengganti compressor :
Cara 1 : Sebelum anda melakukan pengelasan, Sebaiknya anda harus membuka semua tutup body/cover outdoor agar hawa panas akibat pengelasan tidak mengenai compressor.

Cara 2 : Buka sambungan

Setelah cassing atau body dilepas tahapan selanjutnya yaitu lepaskan kedua sambungan pipa yang menghubungkan antara compressor ke kondensor dan pipa menuju ke kran vale tersebut menggunakan alat las dengan cara dipanasi. setelah itu, lpaskan mur-mur yang berada di kaki compressor dengan menggunakan kunci ring/pas ukuran 12-13.
Cara 3 : Ganti compressor sesuai tipe
Setelah semua mur terlepas, saatnya untuk mengangkat compressor dengan sangat hati-hati. Lalu ganti compressor dengan yang baru. Dan perhatikan, tidak semua compressor dapat di pasang karena compressor memiliki tipenya masing-masing. Untuk mengetahui tipe yang cocok maka lihat pada label yang tertera pada body compressor tersebut.setelah compressor sudah diletakan pada dudukanya sambung kembali pipanya dengan menggunakan alat las. Kemudian kencangkan baut pengikatnya.

Cara 4 : Ganti pipa kapiler dan filternya
Setelah menemukan compressor yang tepat, maka perhatikan pipa kapilernya. Ada baiknya untuk mengganti pipa kapiler dengan filternya juga sehingga Freon bisa bersilkulasi dengan lancar kembali.

Cara 5 : Tutup kembali body ac
Apabila Cara mengganti compressor ac split dirasa cudah selesai semuanya dan sudah tidak ada pekerjaan yang ketinggalan tutuplah body ac kembali.

Cara 6 : Vakumlah ac tersebut.

Pemvakuman dilakukan supaya oksigen yang didalam body compressor dan pipa nya bisa keluar semuanya.setelam divakum sampai -30psi,cek juga instalasi ac tersebu apakah sudah benar benar rapat pada semua sambungan las yang tadi dikerjakan atau masih ada kebocoran caranya anda bisa melihat jarum manalizer tadi apakah jarum analizer naik atau tidak. kalau jarum analizer naik berarti masih ada kebocoran. Tetapi klo jaru analizer sudah ditungguin 15menit s/d 30menit tidak bergerak berarti sambungan sudah rapat.sehingga dapat dilakukan tahapan selanjutnya yaitu flusing dengan Nitrogen ( N 2) supaya kotoran keluar semua Apabila tidak mempunyai N2 / nitrogen,bisa juga memakai freon. Masukan freonĀ  s/d 100psi ingat freon yang dipakai harus sesuai tipenya.lalu di flusing supaya kotoran bisa keluar menggunakan freon tadi sampai tekanan freon menjadi 10psi

Cara 7 : Operasikan AC Split
Tahapan Cara mengganti compressor ac split sudah di lalui dari mulai membuka casssing outdoor,pengangkatan compressor lama. pemasangan compressor baru, ganti pipa kapiler dan pipa instalasi yang telah di pasang pada kran valve. Dengan begitu Langkah selanjutnya yaitu mengoperasikan AC Split.

Cara terakhir : Pengisian Freon
Saat pengoperasian,isi Freon kembali dan sesuaikan kebutuhanya.pada saat melakukan pengisian Freon,jangan lupa melihat ampere compressor dengan tang ampere. Apabila terlihat ampere tersebut normal sesuai dengan tabel maka Cara mengganti compressor ac split diatas dinyatakan BERHASIL.

Demikian informasi tentang Tips Mengganti Compressor Pada AC, Jika menurut anda informasi ini bermanfaat. Silahkan dishare ke media sosial. Terima kasih dan selamat mencoba.